Total Tayangan Halaman

Startegi Design Graphic Untuk Pemasaran


Semua bidang dalam kehidupan membutuhkan design. Mengapa ? Karena manfaat design dapat kita rasakan secara nyata di kehidupan sehari-hari. Design sendiri sangat lekat dengan persepsi, pencitraan, dan juga komunikasi. Dengan design bisa memudahkan dalam bertukar informasi, membuat suatu informasi menjadi lebih menarik dan lebih nyaman secara visual. Karena itulah design menjadi salah satu bidang yang diminati oleh generasi muda saat ini. Yang diperlukan saat ini dalam membuat design adalah kreativitas dan tentu saja ilmu-ilmu dasar untuk menggunakan aplikasi design tersebut.  Jika dilihat design merupakan strategi marketing yang sangat efektif. Dimana desain mampu menggambarkan image yang dibangun pada sebuah produk atau perusahaan sehingga menarik customer. Rata-rata alasan orang membeli produk karena media promosi yang bagus terutama desain packagingnya atau branding dari produk itu sendiri.
 
Contohnya, bila anda tau perusahaan Kamarupa selaku jasa graphic design terkreativ dan beraneka, mulai dari design graphic, design poster, design templet (baik web / sosmed), dan design kalender sekalipun. Semuanya itu ditawarkan karena Kamarupa bergerak di bidang design. Tidak mungkin suatu perusahaan membangun perusahaan tanpa mempunyai keahlian khusus. Design yang baik harus bisa menggambarkan apa yang ingin ditampilkan perusahaan pada desain tersebut. Design tidak hanya mengatur tata letak tulisan dan gambar. Sebuah desain harus mampu menggambarkan tujuan yang ingin dicapai secara visual. Selain itu, desain juga harus dapat mengidentifikasikan perusahaan dengan menjadi ciri khas perusahaan yang nantinya akan membedakan perusahaan dengan kompetitornya. Berikut manfaat menggunakan strategi design untuk pemasaran!
  • Sebagai Tempat
Untuk menentukan daya muat dari kemasan harus diketahui berat atau bobot serta jenis produk yang akan ditempatkan kedalam kemasan tersebut. Oleh karena itu dalam membuat kemasan suatu produk diperlukan penentuan desain yang khusus, apakah menggunakan kemasan berwujud kotak, kaleng, tube ataupun dalam botol agar sesuai dengan produknya. Disamping itu kemasan dapat memberi kemudahan serta dapat melindungi produk dalam pendistribusiannya. Syarat minimum kemasan suatu produk adalah kemasan harus dapat melindungi keutuhan isi produk
  • Sebagai Identifikasi
Identifikasi suatu produk sangat penting karena pada umumnya produk perusahaan dijual bersama dengan produk lain yang sejenis. Oleh karena itu kemasan suatu produk dapat dipakai untuk membedakan dengan produk lain yang sejenis yang dihasilkan oleh produsen lain.
  • Sebagai alat komunikasi
Kemasan secara tidak langsung dapat dipakai sebagai alat komunikasi dengan konsumen, dimana kemasan tersebut menunjukkan  merek, gambar dan pesan yang bersifat memberikan keterangan yang  menyebabkan rasa ingin tahu, memberi petunjuk tentang penggunaan  produk, komposisi bahan dari produk tersebut serta keterangan lain yang ada pada kemasan. Jadi secara keseluruhan kemasan dapat memberikan  keterangan kepada konsumen.
  • Memudahkan Penggunaan Produk
Fungsi lain dari kemasan adalah untuk memudahkan konsumen untuk menggunakan produk. Kemudahan bagi konsumen dalam arti kemasan yang mudah dibuka, isinya mudah dikeluarkan dan mudah dibawa.
  • Mempromosikan Produk
Kemasan yang dapat melindungi dan memudahkan dalam penggunaan produk maka ia menambah nilai jual dan promosi produk itu. Biasanya barang konsumsi yang ada dipasar swalayan atau di toko eceran  diletakkan dekat produk pesaing. Promosi barang tersebut bergantung  pada kemasan karena kemasan mempunyai pengaruh dalam pajangan  untuk memikat konsumen. Perbaikan kemasan dapat merupakan cara  efektif untuk menarik konsumen baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar